Pemuda FKKT Desa Pelawa Baru Mengawal Kinerja Pemerintah Desa

Soal Parigi
Bagikan:

REPORTER : Nur Fitri

SOALKAKITA, Parigi Moutong  – Karang taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda, yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab sosial duntuk masyarakat. Karang taruna memiliki peran penting sebagai mitra pemerintah secara berjenjang, baik dari tingkat pusat hingga ke desa.

Ketua karang taruna desa Pelawa Baru, Sarfin, saat ditemui ditempat kegiatan mengatakan, dirinya terpilih sebagai ketua Forum Komunikasi Karang Taruna (FKKT) Sang Surya desa Pelawa Baru pada tahun 2017. (21/9/2019)

“Saya dipilih sebagai ketua FKKT Sang Surya itu melalui forum. Saya dan teman-teman memiliki tanggung jawab  moral dalam menangani permasalahan sosial yang ada di sekitar kita,” ujar Sarfin.

Sarfin mengatakan, sejak tahun 2017 sampai sekarang ada beberapa program kerja yang rutin dilakukan oleh FKKT Sang Surya Pelawa Baru yakni penampilan seni yang ditampilkan pada setiap ifen-ifen yang ada di Kabupaten Parigi MOutong. Selain itu dibidang keagamaan juga melakukan aktifitas rutin disetiap minggunya dengan melakukan pengajian serta pembelajaran bacaan Al-Qur’an bagi pemuda yang masih belum mengetahui cara bacanya.

“Kami melakukan pengajian dua kali dalam seminggu dihari libur. Hal ini kami lakukan untuk menambah wawasan saat pertemuan dengan membahas beberapa topik kinerja kedepan yang seharusnya ditingkatkan lagi,” ujar Sarfin.

Sarfin mengungkapkan, bahkan FKKT Sang Surya melakukan rutinitas olahraga dengan latihan dan mengikuti perlombaan yang ada di Kabupaten Parigi Moutong. Bukan hanya itu, bahkan FKKT Sang Surya mengambil langkah bahwa salah satu cara yang efektif adalah dengan terus menumbuh kembangkan semangat gotong royong dan kesetiakawanan sosial di antara warga karang taruna.

“Kami melakukan gotong royong di setiap minggu pada saat sebelum melaksanakan Sholat Jum’at dan ini menjadi rutinitas kami. Bukan hanya itu, tapi kami juga melakukan gotong royong kesemua mesjid yang ada di desa pelawa baru itu saat menjelang bulan suci ramadhan,” jelas Sarfin.

Sarfin menegaskan, selain program kerja yang mengenai sosial FKKT Sang Surya juga mengawal bagaimana berjalannya program kerja desa. Pemerintah Desa (Pemdes) diharapkan agar lebih bersinerjik dengan forum komunikasi karang taruna. Seperti pada tahun 2017 pihak Pemdes memberikan anggaran kurang lebih dua puluh juta rupiah untuk FKKT Sang Surya agar dapat digunakan untuk keperluan karang taruna.

“Dengan keterbukaan Pemdes saya kira seluruh pemuda yang di FKKT pasti akan sangat senang karena keterbukaan itu ada, kami dapat mengetahui dan mengawal apa-apa saja yang menjadi program perkembangan di desa kami,” tutupnya Sarfin.


Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *