Peluang Ekonomi dan Tantangan Kabupaten Sigi Dalam Menyongsong Perpindahan Ibukota Negara

Soal Ekonomi
Bagikan:

Reporter : Musdalifa

SOALKAKITA, Sigi-, Jum’at, (27/9 ) bertempat di Aula Dinas Koperasi dan UMKM, Bupati Sigi, Mohamad Irwan, S.Sos., M.Si menghadiri pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) III Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Sigi sekaligus sebagai narasumber dalam dialog publik yang di prakarsai oleh Gerakan Pemuda (GP) ANSOR Sigi dengan tema “Peluang Ekonomi dan Tantangan Kabupaten Sigi Dalam Menyongsong Perpindahan Ibukota Negara”.

Bupati menyatakan bahwa Kabupaten Sigi banyak memiliki potensi, melihat peluang ekonomi dalam menyongsong perpindahan ibukota negara, terutama potensi alam yang dimiliki, mulai dari sektor hortikultura hingga Peternakan. Pemanfaatan potensi tersebut juga harus diimbangi dengan segala aspek persiapan, mulai dari bibit unggul yang disiapkan guna menjamin kualitas produk, menjaga kestabilan harga untuk kesejahteraan petani melalui Koperasi berbasis pertanian, hingga persiapan bangsa pasar untuk memasarkan produk hasil pertanian dan peternakan Kabupaten Sigi.

Bupati berharap semua pihak terkait bersama-bersama mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan untuk menangkap peluang ekonomi dan tantangan Kabupaten Sigi dalam menyongsong perpindahan ibukota negara demi kesejahteraan rakyat dan Kabupaten Sigi yang maju, termasuk harapan kepada GP Ansor Kabupaten Sigi untuk dapat membuat sebuah rancangan kegiatan yang nantinya dapat di usulkan dan dibahas bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sigi untuk dimasukan ke dalam program daerah Kabupaten Sigi.

Ketua GP Ansor Sigi, Fahmi Balcher berharap melalui Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD), GP Ansor Sigi dapat melahirkan calon-calon pemimpin masa depan Indonesia pada umumnya dan Kabupaten Sigi pada khususnya. Memiliki jiwa Nasionalisme dan cinta tanah air dan berakhlak sesuai dengan ajaran agama. Melalui dialog publik ini perekonomian dapat didorong melalui pemikiran dan semangat para pelaku ekonomi di Kabupaten Sigi untuk lebih mengembangkan usahanya di segala sektor, sejalan dengan tujuan pemerintah yaitu memajukan ekonomi kerakyatan di Kabupaten Sigi.

Selain Bupati Sigi sebagai narasumber dialog publik antara lain Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sigi, Perwakilan Bank Sulteng, serta Pakar Pertanian Kabupaten Sigi. Dialog Publik ini dihadiri pula oleh perwakilan Polres Sigi, anggota DPRD Kabupaten Sigi, Kepala Kanwil Kemenag Kabupaten Sigi, para Kepala OPD Kabupaten Sigi, Camat Sigi Biromaru, Ketua Wilayah GP Ansor Sulawesi Tengah, Perwakilan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda Se-Kabupaten Sigi dan Kota Palu, serta kepala desa Kecamatan Sigi Biromaru dan Kecamatan Dolo.


Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *