Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat, Bumdes Desa Bambalemo Dilatih Jadi Agen Mandiri

Soal Parigi
Bagikan:

Reporter : Nur Fitri

SOALKAKITA, Parigi Moutong  – Desa Bambalemo Kabupaten Parigi Moutong hingga saat ini mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai pemicu utama kesejahteraan masyarakat.

Pemerintah desa (Pemdes) telah memfasilitasi dengan memberikan modal berupa pengadaan alat pencetak mesin batu bata yang diberikan kepada pihak Bumdes dan berfungsi sejak tahun 2018 hingga kini masih beroperasi secara baik.

Kepala Desa Bambalemo, Irvan Adnan saat ditemui diruang kerjanya mengatakan, pihaknya menggunakan kariawan masyarakat desa Bambalemo untuk pengelolahan batu bata.

“Untuk penjualan kami menerima sesuai dengan pesanan,” ujar Irvan.

Irvan mengungkapkan, Bumdes desa Bambalemo juga telah memberikan kontribusi kepada desa selama kegiatan MTQ yang di adakan oleh Desa Bambalemo sebagai tuan rumah kemarin, dengan dana kurang lebih empat puluh juta rupiah.

“Bumdes kami sudah beroperasi dengan baik bahkan telah membentu Pemdes. Saya bersyukur dengan adanya program BUMDes yang di adakan oleh pemerintah hingga saat ini juga telah membantu perekonomian masyarakat desa kami. Harapan saya untuk kedepannya nanti usaha ini dapat berkembang lagi,” jelas Irvan.

Irvan juga menambahkan, bahwa pihaknya telah mengajukan proposal pengadaan mobil operasional ke Pemerintah Daerah.

“Kami punya kendala adalah tidak ada mobil angkutan untuk mengoperasionalkan batu batako yang dijual,”

Selain itu kedepannya Irvan juga telah merencanakan untuk Program tahun 2020 akan membuka pasar hewan dan penjualan daging.

“Melihat posisi pasar daging yang penjualannya memiliki batas waktu hanya sampai jam sebelas, jika program ini berjalan kami akan membuka pasar daging satu kali dua puluh empat jam,” jelas Irvan

Irvan menegaskan, pihaknya juga akan memberdayakan masyarakat untuk mengelolah pasar hewan nantinya.

“Jika nanti kalau ada masyarakat yang jual hewan mereka maka BUMDes yang akan beli. Pasar hewan ini juga terbuka untuk umum,” tutup Irvan.


Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *