Hari Ini Giliran Sausu Ditinjau Oleh BKNI-RI Rencana Pembangunan RS Klinik Pratama Rawat Inap Living Tourism

Soal Desa
Bagikan:

SOALKAKITA.COM, Parigi Moutong –  Hari Ini giliran Kecamatan Sausu untuk peninjauan lokasi pembangunan Rumah Sakit Klinik Pratama dan Living Tourism berbasis Internasional, Selasa (8/10).

Tim peninjau dari Badan Ketahanan Nasional dan Internasional Republik Indonesia (BKNI-RI) jakarta mereka adalah RM Tri Harsono selaku Presedium BKNI RI,  Suhartini SE koordinator Wilayah Nasional, Marcus Mario Valentino merupakan staf Kordinator Wilayah (Korwil) Nasional, Junaidi SE staf data dan dokumentasi ,Yuli Mulyani sekretaris Korwil Nasional ,Ruly ST Konsultan, Lina Konsultan perencanaan dan Moris staf APDMI.

Suhartini selaku Korwil Nasional mengatakan, rencana pembangunan Klinik bertaraf Internasional harus memenuhi beberapa unsur seperti lokasi harus strategis, kultur tanah harus baik dan yang terpenting adalah dukungan dari masyarakat. 

Suhartin menambahkan, pengadaan lahan untuk Klinik Pratama juga harus memenuhi syarat administrasi seperti surat pernyataan dari Kepala Desa dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) bahwa lahan tersedia dan tidak bermasalah. Selanjutnya surat keterangan hasil musyawarah Desa, surat Rekomendasi dari Dinas Kesehatan, surat Rekomendasi dari Dinas PU, surat keterangan dari Badan Pertanahan Nasional (BPN) terkait izin mendirikan bangunan diatas tanah, lahan bebas banjir, lahan tidak dibawah aliran listrik atau Sutet, jenis dokumen dan sertifikat/girik, dan foto lahan serta titik koordinat lahan yang akan di bangun. 

“Jadi ada beberapa persyaratan yang harus di penuhi jika dibangun Klinik Pratama berbasis Internasional, seperti dokumen pendukung lainnya, harus masuk aliran listrik dilokasi itu dan juga mempunyai sumber air dan tidak rawan banjir, “Ungkapnya.

Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu berharap, Desa yang telah disurvei oleh Tim BKNI-RI dapat dibangun secepatnya dan seluruh administrasi yang dipersyaratkan akan dipenuhi secepatnya. 

“Semua persyaratan akan kami penuhi dan kita berdo’a Insya Allah Klinik Pratama berbasis Internasional ini secepatnya terealisasi,”Tandasnya. 

Sebelum melakukan survei lokasi, Tim BKNI-RI terlebih dahulu melakukan pertemuan dengan masyarakat Desa Gandasari sebagai calon lokasi pembangunan Rumah Sakit Klinik Pratama bertaraf Internasional yang diterima oleh Camat Sausu Lahaba bersama masyarakat Desa Gandasari serta dilanjutkan dengan peninjauan di titik lokasi Desa tumpapa indah dan Desa Sausu Piore.

“Come Aimo” 

Naskah : (Rislan / Diskominfo Kab. Parigi Moutong)Sumber : http://www.parigimoutongkab.go.id


Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *