Lomba P2WKSS Di Parigi Moutong Menekan Membantu Jumlah Kemiskinan

Soal Parigi
Bagikan:

SOALKAKITA, Parigi Moutong  –  Kegiatan penilian lomba Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) di Kabupaten Parigi Moutong diharapkan dapat menekan angka kemiskinan dan kesenjangan antar Wilayah. Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Wagub) H Rusli Dg Palabi SH MH pada saat membuka kegiatan P2WKSS di Desa Avolua Kecamatan Parigi Utara, Rabu (16/10/19).

Kata Wagub Rusli, Program terpadu P2WKSS adalah salah satu upaya pemerintah bersama masyarakat untuk menanggulangi kemiskinan dengan menempatkan perempuan sebagai motor penggerak pembangunan dan sangat dibutuhkan peran aktif Tim Pengerak PKK sampai ke Dasawisma untuk membantu pemerintah dalam penanggulangan kemiskinan.

“Peran aktif kader kader PKK sangat dibutuhkan. PKK reputasinya tidak diragukan lagi karena PKK bekerja dari hati,”Ucapnya.

Lanjut Wagub Sulteng yang baru dilantik itu mengatakan, melalui lomba P2WKSS di Parigi Moutong, diharapkan juga dapat dijadikan evaluasi sejauh mana tingkat keberhasilan program sebelumnya dalam mengatasi kerawanan sosial ekonomi terhadap lebih kurang 25 sampai 50 Kepala Keluarga (KK) yang telah ditetapkan oleh Bupati Walikota sebagai keluarga sasaran pembinaan P2WKSS dan progr program lainnya.

“Saya doakan semoga Parigi Moutong berhasil meraih juara, minimal dari salah satu Kategori  Lomba, agar berhak mewakili Sulawesi Tengah ke tingkat Nasiona,”Harapnya.

Pada kesempatan itu Wagub Rusli menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Parigi Moutong yang telah mensukseskan kegiatan P2WKSS di wilyah Songu Lara Mombangu itu.

“Perkenankan saya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Parigi Moutong, ini adalah pertemuan perdana saya dengan masyarakat Avolua sejak dilantik Wakil Gubernur Sulteng. Sebenarnya sudah ketiga kalinya saya berada di Parigi Moutong Pertama hadir di peniliana P2WKSS di Bolano Lambunu, kedua di Kasimbar menghadiri Pekan seni budaya dan ketiga di Avolua membuka kegiatan P2WKSS,”tutupnya.

Sementara itu Ketua TP- PKK Provinsi Sulawesi Tengah diwakili Ny Mastura Lamal mengatakan,  kegiatan lomba P2WKSS di Parigi Moutong dirangkaikan pula menyongsong hari Ibu yang jatuh pada tanggal 22 Desember 2019 nanti. Kata ia untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembinaan dalam rangka peningkatan dan pemberdayaan perempuan di suatu Desa atau Kelurahan perlu dilaksanakan evaluasi dan penilaian antara lain melalui perlombaan secara berjenjang. Hal itu kata ia dimaksudkan untuk mendorong dan menumbuhkan peran serta perempuan dalam pembangunan Nasional dan masyarakat. Olehnya kata Ny Mastura perlombaan semacam itu dapat memberikan gairah dan morivasi pada kader bersama masyarakat.

“Melalui kesempatan ini saya menghimbau kepada Ketua Tim Penggerak PKK secara berjenjang agar senantiasa melakukan pembinaan, monitoring dan evaluasi bersama sama Dinas, Badan mitra PKK dengan berpedoman pada Peraturan Presiden (Perpres) nomor 99 tahum 2017 tentang pemberdayaan masyarakat melalui gerakan pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga,”Ujarnya.

Naskah : (Rislan / Diskominfo Kab. Parigi Moutong)


Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *