32 Anggota MRI Jawa Tengah Ikuti Pelatihan Dasar Evakuasi Dari Ketinggian

Berita Terbaru Soal Palu
Bagikan:

SOALKAKITA,  Batang  Jawa Tengah –  Puluhan tim Relawan yang tergabung dalam lembaga Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Wilayah Jawa Tengah mengikuti Volunteer class yang diselenggarakan oleh MRI Korda Batang. Pelatihan ini diikuti sebanyak 32 peserta dari berbagai daerah, antara lain, Batang, Pekalongan, Semarang, Brebes dan Salatiga. Minggu (15/12/19).

pelatihan dasar evakuasi dari ketinggian (Vertical Rescue), dengan cluster evakuasi ini dilakukan di Desa Kandeman Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Korda MRI Batang, Ridwan Subarkah mengatakan, kegiatan ini sebagai langkah awal dalam melakukan pelatihan evakuasi dimedan tertentu, kususnya Vertical Rescue, karena dalam melakukan evakuasi dari ketinggian ini sangat membutuhkan keahlian kusus.

“Sebagai bentuk antisipasi bahaya bencana, kami minta kerjasamanya untuk semua tim, kita bersama-sama terus belajar berbagi pengalaman masing-masing yang dimilikinya dan melakukan pelatihan teknik penyelamatan khusus guna mengasah keahlian perihal kesiapsiagaan bencana,” ungkap Ridwan.

Bapak Toto Purwo Raharjo sebagai instruktur pelatihan dari MRI Batang mengatakan, kegiatan ini sebagai langkah awal untuk mempelajari teknik dasar Vertical Rescue.

“Awalnya kita mau melakukan pelatihan sked stretcher namun karena kurangnya alat yang dimiliki ahirnya kita melakukan pelatihan penyelamatan dengan teknik penyelamatan dan melindungi korban saat di bawa atau ditarik dengan tali ke atas dan ditempatkan ditempat yang lebih aman,” pungkas Toto

Vertical Rescue merupakan sebuah metode penyelamatan yang dilakukan pada medan vertical, baik disumur, digedung bertingkat maupun yang lainya ucap Baus Hendarto saat memberikan materi pengenalan dasar Vertical Rescue.

Baus menambahkan, “Ilmu dasar evakuasi ini sangat penting, yang perlu dipahami terlebih dahulu adalah jenis dan fungsi alat, kita langsung melakukan praktik agar teman-teman relawan bisa memahami dan bisa mengaplikasikan secara langsung.” tutup Baus.

BATANG  JAWA TENGAH

MRI-ACT

Reporter : KHAIRUL UMAR


Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *