FOTO : RAHMAT

Nelayan Menjadi Mata Pencaharian Masyarakat Desa Uwevolo

Berita Terbaru Soal Desa
Bagikan:

Reporter : Rahmat

SOALKAKITA, Parigi Moutong  – Nelayan adalah salah satu mata pencaharian masyarakat Desa Uwevolo, Kecamatan Parigi Utara, Kabupaten Parigi Moutong.

Bapak Tamsil yang biasa disapa dengan papa Rames adalah salah satu warga yang bermatapencaharian nelayan atau mencari ikan sekitar pinggiran pantai.

“Hasil dari tangkapan yang didapatkan sendiri bila dapat untuk dijual maka dijual namun apabila kurang maka dimakan bersama keluarga dirumah saja” ujarnya.

Dia menambahkan, Pencarian ikan itu sendiri dikerjakan bersama Ibu-ibu ( Istrinya ) dengan bermodalkan alat yang sederhana seperti jaring dari tali urat, tombak dari bambu dan panah berukuran sedang. kegiatan tersebut di lakukan saat air laut sedang surut disiang hari, namun tidak dengan secara terus menerus karena pada saat air laut naik akan lebih sulit untuk mendapatkan ikan.

Beberapa  kendala saat  mencari ikan yakni luka ditelapak kaki karena menginjak terumbu karang yang tajam. Cuaca juga seringmenjadi kendala saat turunya hujan yang berpengaruh karena tidak dapat melihat ikan dengan jelas ketika ikan tersebut terkurung.

“Jika ikan yang didapat kurang maka mereka juga mencari kerang laut yang berada didalam lumpur. Pekerjaan seperti ini tergantung rezeki dari ikan yang terkurung didalam pukat juga” tutupnya


Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *