Tingkatkan Kesejahteraan, Desa Olaya Utamakan Pemberdayaan

Berita Terbaru Soal Desa Soal Parigi
Bagikan:

Reporter : Nur Fitri

SOALKAKITA, Parigi Moutong – Pemberdayaan adalah proses pembangunan bagi masyarakat untuk memperbaiki situasi dan kondisi. Desa Olaya, Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong, juga mengembangkan beberapa program pemberdayaan yang dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Menjadi hal penting dan strategi untuk mengoptimalisasikan program Desa dalam pelaksanaan pemberdayaan.

Kepala Desa Olaya, Idham Abdul Karim, saat ditemui media soalkakita.com di ruang kerjanya mengatakan, pihaknya mengutamakan masyarakat kurang mampu melalui pemberdayan.

“Yang saya utamakan pemberdayaan karena saya ingin mengutamakan masyarakat yang kurang mampu,” jelasnya.

Dia melanjutlan, hingga saat ini program pemberdayaan disalurkan melalui pengadaan jamban keluarga. Proses pembuatan jamban juga dilakukan oleh pihaknya.

“Kami yang buatkan jamban untuk masyarakat yang belum memiliki jamban,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, ada enam Dusun di Desa Olaya yang nantinya akan dibuatkan lima jamban dimasing-masing dusun.

“Pembuatan jamban diutamakan bagi masyarakat yang belum punya,” tegasnya.

Dia menambahkan, selain pembuatan jamban pihaknya juga akan memberikan bantuan berupa pengadaan listrik dan mesin katinting bagi para nelayan. Hingga saat ini pengadaan kilometer sendiri masih dalam tahap pendataan disetiap dusun, agar dapat diketahui berapa banyak yang belum memiliki kilometer sendiri.

Selanjutnya, pihaknya juga melakukan pengadaan mesin katinting bagi para nelayan.

“Kalau untuk kilometer masih diadakan pendataan  untuk tiap-tiap dusun siapa saja yang belum mendapatkan listrik, ada juga untuk kelompok-kelompok nelyan itu masuk dalam rancangan bantuan mesin katinting,” tutup dia.


Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *