Jambu Kristal, Terdapat Di Perkebunan Desa Sidomukti Kecamatan Bolano

Berita Terbaru
Bagikan:

Reporter : Rahmat

SOALKAKITA, Parigi Moutong – Desa Sidomukti, Kecamatan Bolano, Kabupaten Parigi Moutong, terdapat tanaman yang mempunyai keunikan sehingga banyak digemari oleh kalangan masyarakat sekitarnya yakni jambu kristal.

Jambu kristal tersebut tampak sangat berbeda karena ukurannya yang cukup besar bahkan mencapai 1 Kilo gram perbuahnya.

Pemilik perkebunan, Bapak Imade Redhy Payana kepada Berita soalkakita.com mengemukakan, Dalam setahun masa panen dari jambu kristal dipanen secara bertahap karena ada yang namanya buah antara sementara pada masa panen rayanya dilihat dari curah hujan yang apabila cukup tinggi biasanya jatuh pada awal tahun.

“Untuk pemasaran dari jambu kristal ini sendiri tergantung dari permintaan pasar, kalau permintaan pasar untuk di ecer maka jambu kristal disediakan berukuran kecil sementara untuk swalayan makan berukuran besar,” ujarnya.

Lanjut dia, tanaman dari buah jambu kristal ini di jual per kilonya dengan harga yang bervariasi karena disesuaikan dengan permintaan.

“Kalau untuk umum maka per kilonya di pasok harga Rp 15.000 sementara untuk eceran harga yang dipasok Rp 20.000 per kilonya,” jelasnya.

Ekspor buah jambu kristal pada permintaan pasar yang cukup tinggi bisa mencapai 1 Ton setiap minggunya. Bahkan beberpa daerah yang permintaannya telah terpenuhi yakni Manado, Gorontalo, Makassar, Morowali, dan Kalimantan.

“Soal nilai ekspor pada tahun 2020 penjualannya agak menurut dikarenakan berbenturan dengan panen buah-buahan lainnya seperti langsat, rambutan dan durian,” pungkasnya.


Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *