Pemdes Bambalemo Ranomaisi Kurangi Anggaran Infrastruktur

Berita Terbaru Soal Desa Soal Sigi
Bagikan:

Reporter : Moh Fadal

PARIMO, soalkakita.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Bambalemo Ranomaisi kecamatan  Parigi, Kabupaten Parigi Moutong Pronvinsi Sulewesi Tengah menitik beratkan program pembangunan tahun 2020 kesektor pemberdayaan masyarakat.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Desa bambalemo Ranomaisi, Sirman saat ditemui soalkakita.com di ruang kerjanya, Rabu (01/4). Menurut Sirman, ditahun ini program infrastruktur sedikitnya dikurangi, karena program pemberdayaan menjadi prioritas utama untuk peningkatan perekonomian masyarakat.

“Pembangunan dibidang infrastuktur harus dikurangi, karena sesuai dengan aturan yang berlaku sekarang pemberdayaan yang lebih ditekankan,”ungkapnya.

Dia mengatakan, pihaknya akan menyelesaikan beberapa pelaksanaan pembangunan yang belum selesai dilaksanakan ditahun anggaran 2019 ditahun ini.

Disebutkannya, pembangunan itu seperti lapangan futsall yang progresnya hampir 60 persen. Sedangkan yang masih dalam pengusulan ditahun ini adalah Drainase, Jalan menuju Tempat Pemakaman umum(TPU) dan Pompa Air dari tenaga surya disertai jalan kantong produksi.

“Pembangunan fasilitas umum yang sempat terbengkalai beberapa waktu lalu  akan kami selesaikan ditahun ini,”terangnya.

Lanjut dia, adapun jalan menuju lokasi TPU terletak di dusun dua dan pembangunan saluran drainase lokasinya berada di dusun tiga.

“Kasian orang yang pergi membawa jenaza setengah mati jalannya jadi kita buatkan jalan, kalau untuk drainase di dusun tiga baru akan dikerjakan,” jelas Sirman.

Dia mengungkapkan, sebenarnya prioritas Pemerintah Desa tahun 2020 lebih di fokuskan pada pembuatan pompa air tenaga Surya, karena kebutuhan petani terhadap air untuk mengairi lahan pertanian saat ini debitnya kecil.

Direncanakannya, proses pekerjaan pompa air tersebut, melibatkan teknisi dari provinsi dan masyarakat setempat.

“Anggaran yang dibutuhkan sekitar kurang lebih 100 juta rupiah, karena dari pihak kami belum ada yang tahu bagaimana cara pemasangan panelnya,”ucapnya.


Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *