Desa Lobu Mandiri Prioritaskan Dua Program Primadona 2020

Soal Sigi
Bagikan:

Reporter : Akbar lehalima

SOALKAKITA, Parigi Moutong – Desa Lobu Mandiri Kecamatan Parigi Barat, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah memprioritaskan dua program unggulan ditahun 2020.

Demikian diungkapkan oleh Kepala Desa Lobu Mandiri, Yusak Gigir kepada media ini saat ditemui di kediamannya, Selasa (7/4). Yusak mengatakan, pengadaan air bersih  dan  bantuan sapi ternak akan menjadi primadona program Desa Lobu Mandiri pada tahun ini.

“Soal air bersih, kemarin kita sempat terjadi masalah sehingga kami berinisiatif memprogramkan Penyediaan Air Minum Berbasis Sanitasi Masyarakat (Pamsimas),” ungkapnya.

Menurut dia, untuk program fisik itu menggunakan anggaran yang cukup besar. Sehingga pihaknya akan menggunakan tenaga teknisi dari Dinas Pekerjaan Umum, Penata Ruang dan Pertanahan (DPUPRP).

Lanjut dia, dibantu dengan melibatkan tenaga masyarakat dalam penerapan pemberdayaan kepada masyarakat setempat, agar alokasi anggaran yang diperuntukan untuk program tersebut bisa bermanfaat bagi pendapatan masyarakat.

“Anggarannya dihitung sekitar Rp 300 jutaan lebih,” sebutnya.

Lain halnya kata Yusak dengan pengadaan sapi ternak, pihaknya mengalokasikan kurang lebih Rp 161 juta, sumber anggarannya akan dialokasikan melalui dana desa (DD) tahun 2020 ini.

Program ini ditambahkannya, bertujuan untuk meningkatkan nilai perekonomian masyarakat. Dimana dengan bantuan bibit itu, masyarakat mampu mengembangkan usaha peternakan dengan harapan kelak bisa mendatangkan hasil konomi memuaskan.

“Harapan kami sebagai pemerintah, kedua program ini bisa membantu masyarakat baik dari sisi kebutuhan pembangunan fisik maupun pemberdayaan,” tutupnya.


Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *