Pemdes Olobaru Bakal Siapkan Bantuan Non Tunai Bagi Warganya

Berita Terbaru Soal Desa Soal Ekonomi Soal Palu Soal Parigi
Bagikan:

Reporter: Akbar Lehalima

Soalkakita Parigi Moutong-  Dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, Pemerintah Desa (Pemdes) Olobaru Kecamatan Parigi Selatan, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah berencana menyiapkan anggaran untuk bantuan non tunai bagi warganya.  

Hal itu disampaikan Kepala Desa Olobaru, Arnold Legi, saat ditemui Soalkakita.com diruang kerjanya, belum lama ini Dia mengatakan, Pemdes Olobaru tidak tinggal diam melihat situasi ditengah pandemi Covid-19 yang sangat meresahkan masyarakat.

“Kami telah menyiapkan anggaran sekitar Rp 70 juta lebih, untuk sejumlah kegiatan  penanggulangan bencana Covid-19 ini. Rencananya selain kegiatan Posko Covid-19, alokasi anggaran tersebut juga untuk pengadaan bantuan langsung non tunai,” ujarnya.

Alokasi anggaran itu kata dia, bersumber dari Dana Desa yang dikelola Pemdes Olobaru dari total APBDes tahun 2020 sekitar Rp 1 Miliyar.

Lanjut dia, bantuan langsung non tunai tersebut saat ini sudah mulai disosialisasikan kepada seluruh warga Desa Olobaru melalui BPD dan Pemdes. Dia menuturkan, hal ini berdasarkan Surat Edaran (SE) Kementrian Desa Pembagunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). 

“Tidak semua warga mendapat bantuan langsung non tunai itu, hanya mereka yang memenuhi syarat saja. Nantinya, kita akan melakukan musyawarah khusus untuk kepala keluarga yang mendapatkan bantuan langsung  non tunai tersebut,” terangnya.

Dia menambahkan, Melalui petugas posko pencegahan Covid-19 yang nota bene dari unsur Pemdes Olobaru, Aparat Kepolisian dan TNI serta petugas kesehatan desa, telah bebrapa kali melakukan kegiatan penyemprotan diseluruh rumah warga dan sejumlah tempat ibadah serta fasilitas umum di desa tersebut.

“Saya  menghimbau agar masyarakat patuhi anjuran pemerintah, kurangi aktifitas yang tidak penting diluar rumah dan jaga jarak selalu pakai masker kemanapun berpergian ,dan tidak lupa untuk cuci tangan,” tutupnya.


Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *