Pemdes Dolago Siapkan 180 juta Untuk Dana BLTDes

Berita Terbaru Soal Desa Soal Ekonomi Soal Hukum Soal Parigi
Bagikan:

Reporter :Akbar lehalima

SOALKAKITA Parigi moutong-Pemerintah desa Dolago Padang Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah, menetapkan sebanyak 63 Kepala Keluarga (KK) sebagai penerima Bantuan Lansung Tunai (BLT) bersumber dari Dana Desa, sebagai bentuk penanganan dampak penyebaran Covid-19.

Hal itu disampaikan Kepela Desa Andi Pala saat ditemui  Soalkakita.com  diruang kerjanya Jumat (08/05). Dia mengatakan, jumlah itu berdasarkan hasil pendataan pemerintah desa kepada warganya yang merupakan katagori non penerima PKH dan bantuan pangan Non tunai (BNPT) yang dinilai sesuai dengan persyaratan sebagai penerima BLTDes.   

Dia menuturkan, berdasarkan besaran anggaran DD dalam APBDes tahun 2020, Desa Dolago padang mengelola sebsar Rp 700 Juta. Sementara kata dia, terkait penanganan Covid-19, pihak Pemdes Dolago Padang merujuk pada Surat Edaran Mendes PDTT.

“Untuk kegiatan Posko 10 persen dari total DD. Sedangkan anggaran BLTDes kami siapkan 25 persen,” ujarnya.

Kegiatan posko Desa Siaga Covid-19, melibatkan pihak aparat Desa. TNI, Polri dan tenaga kesehatan desa.   

“Hingga sejau ini  kami terus melakukan penyemprotan selama pembangunan posko pencegahan Covid-19. Yang dilakukan dalam seminggu satu kali penyemprotan ditiap rumah warga maupun fasilitas umum  didesa Dolago Padang.”terangnya

Dia menambahkan, sejumlah kegiatan di tahap satu APBDes 2020 memang difokuskan untuk pencegahan penaganan Covid-19. Melihat APBDes yang belum di posting, dalam tahap satu ini, ada beberapa item kegiatan yang terpaksa harus dihilangkan.

Dia berharap agar masyarkat Dolago Padang dapat mematuhi segala peraturan pemerintah dalam upaya menekan penyebaran Covid-19. Selalu pakai masker dalam berpergian ,cucitangan ditempat yang sudah disiapakan dan tanamkan polah hidup bersi dan sehat


Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *