Pemdes Torue Alokasikan 259 Juta DD Bagi Penerima BLT

Berita Terbaru Soal Desa Soal Palu Soal Parigi
Bagikan:

Reporter : Moh Fadal

SOALKAKITA.Parigi Moutong – Pemeritah Desa (Pemdes) Torue Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah sediakan anggaran Dana Desa (DD) sebanyak Rp 259 juta bagi Kepala Keluarga KK penerima Bantuan Langsung Tunai Desa (BLTDes).

Hal itu diungkap, Oleh Kepala Desa Torue Wahyudin kepada Soalkakita.com saat ditemui diruangannya Senin (18/05). Dia mengatakan, pihaknya bakal menyalurkan BLTDes kepada 144 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak Covid-19.

Lanjut dia, dari 960 lebih KK, tercatat warga yang layak menerima BLTDes berjumlah 144 KK dari alokasi pagu DD yang dipangkas sebesar 30 Persen.

Sementara untuk penerima Pogram Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 173 KK dan penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) sebanyak 38 KK.

“Pada dasarnya kami hanya menjalankan mekanisme ketentuan dalam pengalokasian anggaran untuk dampak Covid-19 ini,” ungkapnya.

Dia menambahkan, dari total 144 KK penerima BLT itu sudah di musyawarakan dan disepakti oleh Pemerintah Desa. Jumlah tersebut kata dia, berdasarkan hasil keputusan musyawarah desa tanggal 30/4/2020.

 “Anggaran Dana Desa (DD) Rp 850 sekian juta itu dipangkas 30 persen untuk BLTDes.” ungkapnya.

Begitu juga, bantuan sosial (Bansos) langsung dari Kementrian Sosial, yang mana desa setempat mendapatkan kuota penerima sebanyak 200 KK.

“Yang baru menerima bantuan sosial dikantor pos tahap satu sejumlah 126 KK, sisanya kami tinggal menunggu jadwal berikutnya,” terangnya.

Dia menghimbau, kepada masyarakatnya untuk tetap mengikuti aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat maupun daerah untuk memutus mata rantai Covid-19

“Diam dirumah saja, selalu mencuci tangan dirumah maupun fasilitas umum yang sudah disediakan  jika bepergian menggunakan masker, terapkan pola hidup bersih dan sehat ” tutupnya


Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *