Pemdes Lemusa Siapkan Tambahan 18 KK Penerima BLT Tahap II

Berita Terbaru Soal Desa Soal Parigi
Bagikan:

Reporter: Akbar Lehalima

SOALKAKITA, Parigi Moutong- Pemerintah Desa (Pemdes) Lemusa Kecamatan Parigi Selatan Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah menyiapkan sebanyak 18 Kepala Keluarga (KK) penerima Bantuan Langsung Tunai Desa (BLTDes) pada tahap II.

Kepala Desa Lemusa, Rais Mansur saat ditemui Soalkakita.com diruang kerjanya Kamis (04/06) mengatakan, BLT merupakan milik mayarakat, sehingga dalam peruntukannya pihak yang terkait dengan pemerintahan desa tidak  dibenarkan menerima bantuan.

Disamping itu, masa pandemi Covid-19 belum diketahui secara pasti kapan akan berakhir. Olehnya, dalam penggunaan Dana Desa (DD) untuk hal itu, harus benar-benar tepat sasaran.

Dia menuturkan, berdasarkan pagu anggaran DD dalam APBDes tahun 2020, Desa lemusa mengelola DD sebesar Rp 816 Juta. Sementara kata dia, terkait penanganan Covid-19, pihaknya merujuk pada Surat Edaran Kemendes PDTT.

“Untuk tahap II disediakan sekitar Rp 10 Juta lebih untuk 18 KK penerima Bantuan Langsung Tunai Desa (BLTDes),” ujarnya.

Lanjut dia, dari 18 KK tersebut merupakan sisa dari 118 KK penerima Tahap I yang rencananya akan dicairkan pada bulan Juni 2020.

“Untuk kegiatan Posko pencegahan Covid-19 diambil lagi 10 persen dari total DD Rp 816 juta, Sedangkan anggaran BLTDes kami siapkan 30 persen,” ungkapnya

Dia menambahkan untuk mencukupi dana BLTDes ada beberapa item kegiatan yang sudah disiapkan untuk program prioritas desa tahap II dihilangkan untuk Bantuan Langsung Tunai yang diperuntukan bagi Kepala Keluarga (KK).

Dia berharap agar masyarakat Lemusa dapat mematuhi segala peraturan pemerintah dalam upaya menekan penyebaran Covid-19. Selalu pakai masker dalam berpergian ,cucitangan ditempat yang sudah disiapakan dan tanamkan polah hidup bersih dan sehat.


Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *