Desa Ogobagis Prioritaskan 15 Jamban Untuk Masyarakat

Berita Terbaru Soal Desa Soal Parigi
Bagikan:

Reporter : Akbar Lehalima

SOALKAKITA, Parigi Moutong –Desa Ogobagis Kecamatan  Sidoan , Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah Siapkan  15  Jamban untuk  Masyarakat  

Demikian diungkapkan oleh Kepala Desa Ogobagis Suparman , saat ditemui Soalkakita.com  di kediamannya belum lama ini . Suparman  mengatakan, Pembangunan jamban lebih efektif untuk masyarakat dalam Program Prioritas desa.

“Soal pembuangan kotoran Manusia  sempat  terjadi masalah sehingga kami berinisiatif memprogramkan  jamban  untuk Masyarakat ,” ungkapnya.

Menurut dia, untuk program fisik  kami masih fokus untuk pembanguna Jamban yang sebentara masih dikerjakan , dan perkirakan pekan depan akan selesai.

Lanjut dia, pembangunan jamban juga  dibantu dengan melibatkan tenaga masyarakat dalam penerapan pemberdayaan kepada masyarakat setempat, agar alokasi anggaran yang diperuntukan untuk program tersebut bisa bermanfaat bagi pendapatan masyarakat.

Dia mejelaskan Desa Ogobagis mengelola DD sekitar 800  juta termasuk untuk pembagian Bantuan Langsung Tunai Desa BTDes sebesar 30 persen.

Dia menambhkan, merujuk pada Surat Edaran  SE Mendes nomor  nomor 08 tahun 2020 terkait Desa Tanggap Covid-19. Berdasarkan SE Mendes itu, seluruh Pemdes harus mengeluarkan anggaran pembentukan Desa Siaga Covid-19 sebesar 10 persen dari total DD yang diterima.

Kemudian, menyusul SE Mendes terkait BLTDes dengan persentase porsi anggaran sebesar 30 persen dari total DD tahun 2020.       

Sejumlah SE terkait Pandemi Covid-19 itu, memaksa beberapa kegiatan dalam pemanfaatan APBDes  Ogobagis tahun 2020 yang telah disusun sebelumnya, tidak dapat dilaksanakan sesuai rencana, ’’  pungkasnya .


Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *