HUT Ke 75 PMI Sulteng Gelar Donor Darah Sukarela

Berita Terbaru Soal Sigi
Bagikan:

Reporter: Emil Estiawan

SOALKAKITA, Palu – Dalam rangka memperingati hari ulang tahun Ke-75 Palang Merah Indonesia (PMI), PMI Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar kegiatan donor darah secara sukarela.

Aksi donor darah dilakukan di halaman Markas PMI Sulawesi Tengah, yang mengangkat tema “Solidaritas untuk Kemanusiaan”.

Berdasarkan Pantauan Soalkakita.com Sabtu, (26/09). Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Gubernur Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Tengah H. Mulyono, SE. Ak, MM.

Dalam sambutannya dia mengatakan, dimasa Pandemi  Covid-19 persediaan darah terus menurun sehingga kegiatan seperti ini sangat membantu ketersediaan darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

“ kurangnya stok darah di PMI kita bisa melihat digrub-grub whatsapp banyak yang menyebarkan informasi mengenai permintaan kebutuhan darah, dan ini atas inisiatif mereka sendiri (keluarga pasien) dalam mencari pendonor.” ujarnya.

Dia menyampaikan, kemungkinan ketersedian darah yang langkah disebabkan karena adanya virus Covid-19, sehingga orang yang dulunya rutin melakukan donor darah, kini takut mendonorkan darahnya karena khawatir akan tertular virus Covid-19 .

“Kegiatan hari ini luar biasa, PMI bisa mendapatkan stok darah yang nantinya dapat didistribusikan kepada mereka yang membutuhkan. Sesuai dengan moto PMI setetes darah anda nyawa bagi mereka. semoga bapak dan ibu yang melakukan donor darah mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah baik dunia maupun di akhirat. Amin.” terangnya

Sementara itu, Hal tersebut diungkap Wakil Ketua Bidang kesehatan PMI Sulteng dr.Jumriani mengatakan, saat ini unit donor darah (UDD) PMI Sulteng setiap bulannya hanya mampu menyediakan darah sebanyak 1000 kantong sementara kebutuhan darah mencapai 1500 kantong perbulannya.

Dia menilai,  sampai saat ini PMI terus berupaya memenuhi persediaan darah dengan cara melakukan kegiatan sosial donor darah dengan menggunakan mobil keliling (mobile) guna mencukupi persediaan darah.

“muda-mudahan kegiatan ini mendapatkan berkah, dan menghasilkan sesuai apa yang kita inginkan mengenai persediaan darah itu bisa terpenuhi. Pada masa pandemi seperti sekarang pihaknya juga telah melakukan prosedur sesuai protokol covid-19,” terangnya

Lanjut dia, kegiatan donor darah ini juga dilakukan pendatanganan MoU kerjasama antara UDD PMI Sulteng bersama dengan Komunitas sepeda Bro Mangge.

Dalam aksi donor darah PMI juga memberikan sejumlah paket sembako kepada 75 orang pertama yang berhasil melakukan donor darah.

Setelah selesai melakukan Kegiatan tersebut, PMI Sulteng berhasil mengumpulkan 74 Kantong   golongan darah  yang terdiri dari, golangan dara A 18 Kantong, B 14 kantong, AB 5 kantong , serta golongan darah O sebanyak 37 kantong.

Dari hasil yang didapat tercatat kurang lebih 31 orang gagal untuk  mendonorkan darahnya, disebabkan rendahnya tekanan darah serta kurangnya Homoglobin (HB).

Jumriani, menghimbau agar masyarakat tidak perlu ragu dan cemas untuk mendonorkan darahnya di PMI, karena kegiatan donor dara ini di laksanakan sesuai dengan protokol covid-19.


Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *