Keterangan Foto: Anggota komunitas magrovers saat sedang melakukan penananaman bibit mangrove di sepanjang pantai teluk Palu. (Foto Emil Estiawan)

Komunitas Mangrovers Tanam Ribuan Mangrove di Teluk Palu.

Berita Terbaru Soal Palu Soal Sulteng
Bagikan:

Reporter : Emil Estiawan

SOALKAKITA, Palu – Para anak muda pemerhati teluk Palu yang mengatas namakan dirinya komunitas mangrovers melakukan penanaman ribuan bibit pohon magrove di sepanjang pantai teluk Palu yang berada di kompleks pergudangan Kelurahan Tondo guna memperingati 2 tahun bencana alam yang melanda beberapa wilayah di Sulawesi Tengah khusunya Kota Palu yang dilanda tsunami 28 september 2018 silam. Senin, (28/09/2020).

“alhamdulillah hari ini dalam rangka memperingati 2 tahun bencana alam gemba bumi, tsunami, dan likuifaksi yang melanda beberapa wilayah di Sulawesi Tengah kita melakukan penanaman bibit mangrove sebanyak 2464 pohon mangrove atau propagule yang kami ambil dari lembasada Kabupaten Donggala.” Terang ismail, Ketua komunitas mangrovers.

Lebih lanjut, Ismail berharap kedepan pihaknya bisa mendapatkan dukungan penuh dari berbagai pihak khususnya pemerintah baik dinas likungan hidup Ataupun dinas terkait dalam hal penyediaan bibit mangrove, penyediaan ajir, bahkan menurutnya pemerintah bisa membantu membuatkan papan pengenal di area yang ditanami mangrove agar para masyarakat tau bahwa ditempat tersebut merupakan kawasan konservasi mangrove.

“Ada 2 jenis mangrove yang kita tanam hari ini yakni jenis rhizophora articulate dan jenis rhizophora mucronata. Dan kami sangat membutuhkan bantuan dari semua pihak agar target penanaman 10 ribu mangrove di teluk Palu bisa segera tercapai.” harab lelaki yang akrab disapa Ipang ini.

Pada kesempatan ini hanya dihadiri sebanyak 20 relawan dikarenakan sekarang masih dalam masa pandemi Covid-19 sehingga relawan yang ikut berpartisipasi dibatasi.

Diketahui Komunitas yang terbentuk sejak tahun 2018 ini diketahui aktif dalam melakukan kegiatan sosial khususnya yang berkaitan dengan lingkungan.


Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *