Bapelitbangda Parigi Moutong, Siap Launching Aplikasi Berbasis Online

Berita Terbaru Soal Palu Soal Parigi Soal Sulteng
Bagikan:

Reporter: Nur Fitri

SOALKAKITA,Parigi Moutong – Badan Perencenaan Pembangunan, Penelitian dan Pembagunan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah, siap launching Aplikasi berbasis sumber informasi online kepada masyarakat.

Hal itu diungkap Kepala Bidang (Kabid) Ekonomi Nur Noviyanti Bandha, SH, kepada soalkakita.com, Senin (5/10). Ia mengatakan, aplikasi yang berabis online sangat bermanfaat untuk informasi ketahan pangan dan kesehatan bagi warga Parigi Moutong.

“Aplikasi yang sipa louncing tahun 2020 ini. rencananya akan dipadukan dengan program stunting yang berdasarkan data masyarakat miskin dan data awal yang sudah masuk kedalam sistem informasi tersebut,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, kegiatan itu sudah untuk launching sesuai target tahun 2020. Namun ada beberapa kejangalan yang terdapat pada data dan peta Desa.

“Data awal sebelumnya sudah masuk, tetapi masih dalam bentuk foto. Sedangkan sistem itu masih membutuhkan SAP, untuk muncul titik loksi sesuai peta desa ,” jelasnya.

Lanjut Nur Noviyanti, dengan adanya aplikasi tersebut dapat membantu pihaknya untuk mengetahui desa mana saja yang termasuk kedalam rawan pangan.

“Untuk sekarang homenya masih sementara dalam proses pihak IPB. Isu ini baru peta Desa  yang memuat data rawan pangan, data jumlah tenaga kesehatan perkecamatan dengan data masyarakat terkait akses air bersih dan pendidikan,” tuturnya.

Ia menerangkan, apabilah telah loncing maka pihaknya akan melakukan pembentukan tim verifikasi data yang update kedalam website.

“Karena data yang sudah update sesuai dengan perkembangan yang ada, bisa menjadi bahan rujukan dalam perencanaan,” pungkasnya.


Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *