DPUPRP Parimo Siap Normalisasi Tebing Sungai Uwemea

Soal Sigi
Bagikan:

SOALKAKITA,Parigi Moutong – Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Provinsi Sulawesi Tengah, siap membenahi tebing sungai uwemea Kecamatan parigi Selatan yang amblas beberapa waktu lalu

Peninjauan lokasi tersebut dihadiri Pelaksana tugas (Plt) kepala Dinas PUPRP Kabupaten Parigi Moutong Rivai ST,.Msi, didampingi kepala bidang Sumber Daya Air (SDA) Moh Aflianto ST, bersama Anggota DPRD Parimo H. Suardi, Minggu (24/10).

Ambruknya tebing sungai,  mengakibatkan jalan di lokasi tersebut juga tidak bisa dilalui para petani.

Kepala seksi irigasi Bidang SDA Dinas PUPRP Parigi Moutong, Moh Aflianto ST, menjelaskan sungai Uwemea dengan karakteristik saluran pembuang memang rawan terjadi. Sehingga perlu hati-hati untuk penanganannya supaya tidak sia sia,

“Apalagi dengan anggaran minim harus benar teliti dalam melakukan penanganan di sungai ini, ujarnya.

Ia mengungkap, mengingat dana yang terbatas dan waktu tanam padi masyarakat yang sudah akan dimulai, kami akan lakukan penanganan sementara dengan pemasangan bronjong dan lakukan normalisasi kembali pada sungai ini.

“Pentingnya peranan kelompok tani yang ada di desa ini untuk bergotong royong membantu pengangkutan material jika nanti dilakukan pemasangan bronjong ,”terangnya.

Lanjut Ia, agar kelompok tani yang ada di desa tersebut bisa bergotong royong membantu pengangkutan material jika nanti dilakukan pemasangan bronjong di sungai tersebut.

Aflianto menambahkan, nantinya pada saat pelaksanaan pekerjaan petani bisa saling membantu untuk mengangkut material batu kali sehingga dana yang terbatas bisa dimaksimalkan.

 “Buis beton yang sudah diadakan oleh kelompok tani akan kami pasang dibelakang bronjong,” tutupnya,” pungkasnya.

H. Suaradi juga mengungkap, Kelompok tani disini sebenarnya sudah melakukan usaha mandiri bersama kelompoknya dengan melakukan penanggulangan dan normalisasi pada sungai ini, namun kembali dihantam banjir.

Dilansir dari PUPRP Online


Bagikan:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *