KPU Parimo Gelar Simulasi Pemugutan dan penghitungan Suara

oleh -70 views
KPU Parimo Gelar Simulasi Pemugutan dan penghitungan Suara
Sumber foto: Soalkakita.com

Reporter: Akbar Lehalima

SOALKAKITA, Parigi Moutong – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo)Provinsi Sulawesi Tengah, gelar simulasi Pemungutan dan penghitungan suara berbasis Protokol kesehatan (Prokes).

Komisioner Devisi Teknis Penyelenggara KPU Parigi Moutong Dirwan Korompot, saat bertemu SOALKAKITA.com di lokasi kegiatan, Selasa (24/11). Ia menjelaskan, simulasi Pemugutan dan penghitungan suara itu bagian dari edukasi kepada masyarakat. Mulai dengan mekanisme dan tatacara menggunakan hak pilih masa pandemi hingga proses perhitungan suara.

“Apabila masyarakat yang sudah memberikan hak pilih atau datang ke TPS harus mengikuti protokol Covid-19, yang sudah tersedia,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, secara teknis pihaknya sudah mengatur sesuai dengan urutan pemilih berdasarkan Renst waktu proses pemilihan. Sehingga tidak terjadi kerumunan masyarakat saat proses pemilihan berlangsung.

“Ketika nantinya ada pemilih yang mempunyai suhu tubuh melebihi 37ºc, maka sesuai Undang-Undang Pemilu dan PKPU petugas menyediakan bilik khusus,” terangnya.

Lanjut Ia, bagi pemilih yang menjalani masa karantina, ada dua petugas KKPS yang akan mendatangi langsung  lokasi tersebut. Selanjutnya, oleh gugus tugas melakukan pendampingan, agar  proses pemilihan bagi pemilih karantina tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Ada juga saksi pasangan calon dan pengawasan TPS mendampingi pemilih yang menjalani masa karantina,” sebutnya.

Ia menambahkan, proses pemilihan pada 9 Desember 2020 mendatang, berlangsung mulai jam 07:00 sampai dengan 13:00 wita. Kemudian, sekitar jam 14:00 wita, petugas TPS melanjutkan dengan proses penghitungan surat suara.

Tinggalkan Balasan