Sekdes Pombalowo Sebut, Penerima BLTDes Tahap I Tersisah 46 KK

oleh -49 views
Sekertaris Desa Pombolowo Mirba Tobai

SOALKAKITA, Parigi Moutong – Sekertaris Desa (Sekdes) Pombalowo Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah menyebutkan, penerima Bantuan Langsung Tunai Desa (BLTDes) tahap I tersisah 46 Kepala Keluarga (KK) dari jumlah 105 KK penerima.

Dari jumla 46 Kepala Keluarga calon penerima (BLTDes) tersebut, merupakan hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP),  yang sebelunya ada 105 KK penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tahap pertama.

Berdasarkan pemberitaan media ini sebelumnya, Senin(12/04). Pemerintah Desa (Pemdes) Pombalowo telah menetapkan sebanyak 105 Kepala Keluarga (KK) penerima Bantuan Lansung  Tunai Desa (BLTDes).

Sehigga, hasil audit pemeriksaan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), temukan 105 kepala keluarga yang sudah menerima BLT-Dana Desa. Ternyata, ada beberapa KK tidak sesuai kriteria penerima.

Hal itu diungkap, Sekertaris Desa Pombalowo Mirba Tobai, saat soalkakita.com berkunjung keruang kernjaya Kamis (8/07) lalu. Pada tanggal 27 Mei 2021, pihaknya diperikasa audit BPKP terkait temuan dari 105 Kepala Keluarga penerima BLT-Dana Desa.

“Temuan yang mereka dapat itu, kurang lebih ada dua pulahan kepala keluarga, menurtut mereka orang yang sudah mampu. Kemudia ada beberpa rumah tanggah penerima UMKM dan  itu hanya BLT Dana Desa yang di audit,” ujarnya.

Ia menuturkan, hasil resume BPKP Pemerintah Desa Pombalowo. Mendapat instruksi untuk melakukan Ferivikasi kembali data penerima Bantuan Langsung Tunai berdasarkan kriteria yang sudah ditetntukan.

“Misalnya, pegawai honorer tidak boleh, orang yang sudah dikatagorikan mampu juga tidak boleh,” ungkapnya.

Selain itu, kata ia, dari 105 KK  yang sudah di lakukan ferivikasi berdasarkan resume Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Tersisah  46 Kepala Keluarga calon penerima BLT-Dana Desa.

Lanjut ia, total anggaran yang di kucurkan untuk (BLTDes) sekitar Rp 400 Juta lebih, merupakan jumlah keseluruhan anggaran kegiatan Bantuan Langsung Tunai, terhitung dari Tahap I sampai tahap  III.

“Sedangkan jumlah  anggaran Dana Desa Pombalow tahun 2021 ini,  mencapai kisaran Rp 1 miliar lebih,” tuturnya.

Mirba menambahkan, pihaknya akan menghitung ulang sisah anggaran dari jumlah KK yang sudah di keluarkan sebagai penerima BLTDes, melalui musyawara desa antara Pemdes Pombalowo bersama sejumlah tokoh masyarakat serta BPD.

“Sehingga dari sisah anggaran tersebut, nantinya akan di alihkan untuk kegiatan prioritas Desa Pombalowo,”pungkasnya.

Reporter: Akbar Lehalima.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.