Pemdes Pangi, Prioritaskan BLTDes Bagi 130 Keluarga Penerima Manfaat

oleh -313 views

SOALKAKITA, Parigi MoutongPemerintah Desa (Pemdes) Pangi Kecamatan Parigi Utara Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah, Memprioritaskan Bantuan Langsung Tunai Desa (BLTDes) bagi 130 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di masa pandemi Covid-19.

Adapun penyaluran BLTDes ini, dapat di yakini mampu untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga penerima manfaat selama 12 bulan kedepan.

Sehingga, pemanfaatan BLT Dana Desa di masa pandemi Covid-19 ini. Merupakan kewajiban masyarakat untuk menikmati, karena instruksi Presiden Joko Widodo  pemanfaat anggaran DD harus meningkatan kesejateraan masyarakat yang di bangun dari tingkat desa.

Hal itu diungkap Kepala Desa Pangi Warham Ramli, saat soalkakita.com berkunjung di kediamannya. Jumat (13/08).

“ Tahap penyaluran BLT Dana Desa bagi keluarga penerima manfaat itu selama 12 bulan, dan setiap KPM menerima Rp 300 ribu, sedangkan proses penyalurannya baru sampai tuju bulan,” ujarnya.

Selain itu, kata ia, anggaran yang di kucurkan untuk penyaluran BLT Dana Desa selama 12 bulan, mencapai kisran Rp 400 juta lebih.

“Sedangkan anggaran yang sudah tersalurkan selama tuju bulan, mencapai Rp 200 juta lebi untuk 130 KPM,” terangnya.

Warham menuturkan, dari ratusan juta anggaran BLT ini, bersumber dari Dana Desa (DD) yang mencapai kisran Rp 800 juta lebih.

Kemudian merujuk pada Surat Edaran (SE) Kemendes PDTT, delapan persen dari total Dana Desa 2021 untuk pengedalian penyebaran dana Covid-19.

Lanjut ia, dengan adanya surat edaran tersebut, program Desa Pangi yang sudah terlaksana pada tahun anggran 2021. Yaitu, program fisik dan pemberdayaan.

“Program fisiknya itu cuman satu, pembangunan plat deker, kemudian pemberdayaan pengadaan mesin ketinting satu buah,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.