Triwulan Satu, Pemdes Marantale Fokus Penyaluran BLT

oleh -314 views
Kepala Desa Marantale Agus Palapi, sumber foto: Redaksi Soalkakita.com

SOALKAKITA, ParigiMoutongPencairan Anggaran Triwulan (TW) I, Pemerintah Desa (Pemdes) Marantale Kecamtan Siniu Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah, memfokuskan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa bagi 110 Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Hal itu diungkap Kepala Desa Marantale Agus Palapis, saat Seruanrakyat.online berkunjung di kediamanya. Sabtu (14/08).

“Untuk sementara ini anggaran Dana Desa TW 1 kami memfokuskan pada penyaluran BLT, dengan jumla penerima sebanyak 110 KPM ”ujarnya.

Ia menuturkan, ada pun tahap penyalurannya itu sampai 12 bulan. Nominal anggaran yang di alokasikan dari Dana Desa mencapai Rp 396.000.000.

“Dari jumla anggaran ratusan juta itu, setiap KPM menerima sebesar Rp 300.000 perbulanya, namun sekarang ini proses penyalurannya suda memasuki bulan kedelapan.

Selain itu, kata ia, program anggaran DD tahap I itu ada dua program, yakni program fisik penambahan ruagan TK Paud dan pembangunan pagar TK. Kemudian program pemberdayaan kelompok bagi ibu-ibu, tetapi proses pekerjaanya akan di anggarkan pada triwulan II.

Kemudian, untuk di ketahui anggaran Dana Desa (DD) Marantale tahun 2021 kisaranRp 1 miliar. Akan tetapi merujuk pada edaran Kemendes PDTT delapan persen dari total Dana Desa untuk pengedalian penyebaran Covid-19.

“Anggaran Covid-19 kami gunakan unuk sejumlah kegiatan posko dan kami juga sudah melakukan penyemprotan dua bulan sekali. Kemudian pembagian masker kepada masyarakat,” terangnya.

Agus berharap, semoga dengan adanya bantuan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dapat membantu kebutuhan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di tengah situasi pandemi Covid-19,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

No More Posts Available.

No more pages to load.