memberitakan dan mengabarkan

Bimbingan Teknis Penerapan Aplikasi Srikandi Kabupaten Parigi Moutong

PARIGI MOUTONG – Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, melalui Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kabupaten Parigi Moutong, melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) penerapan Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi). Bertempat di lantai II Kantor Bupati Parigi Moutong. Rabu (22/11/2023).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Parigi Moutong, Muhammad Yasir, yang pada kesempatan tersebut mewakili Pj Bupati Parigi Moutong, Richard Arnaldo, mengatakan tujuan Bimtek Aplikasi Srikandi itu untuk memberikan pemahaman kepada setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengetahui penggunaan Aplikasi Srikandi yang baik dan benar, meningkatkan kualitas aplikasi Srikandi, serta untuk mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik yang baik.

Menurutnya, bimtek Aplikasi Srikandi merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dalam mewujudkan tujuan penyelenggaraan kearsipan melalui aspek kebijakan, organisasi, sumber daya, kearsipan, sarana dan prasarana pengelolaan arsip serta pendanaan bimtek aplikasi Srikandi. Juga merupakan upaya untuk membangun kesadaran semua elemen masyarakat terhadap pentingnya Aplikasi Srikandi khususnya terkait dengan birokrasi pemerintahan.

“Terselenggaranya pemerintahan yang baik tidak lepas dari peran kearsipan yang baik. Peran penting Srikandi dalam pelaksanaan reformasi birokrasi berpengaruh terhadap akuntabilitas instansi pemerintahan. Dengan menyediakan informasi yang autentik dan dapat dimanfaatkan oleh publik secara transparan,” paparnya.

Dikatakannya, Informasi didalam sebuah arsip merupakan informasi yang sangat penting bagi kelancaran instansi. Terutama dalam melakukan kelancaran administrasi dan manajemen suatu instansi yaitu sebagai sumber informasi, sumber sejarah, pusat ingatan dan acuan serta barang bukti bagi suatu instansi jika terjadi gugatan atau permasalahan hukum.

Olehnya itu, kegiatan bimtek aplikasi Srikandi tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman terutama pada aparatur yang bertanggung jawab terhadap terhadap segala administrasi di seluruh organisasi pemerintah daerah dilingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong.

“Bimtek ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan bagi tenaga aplikasi Srikandi dengan baik, melaksanakan tatakelola aplikasi Srikandi yang tepat serta meningkatkan pengetahuan dan tatakelola aplikasi Srikandi sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku,” harapnya.

Sumber : DINAS KOMINFO KABUPATEN PARIGI MOUTONG

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!