memberitakan dan mengabarkan
Berita  

Dinas P2KB Dan TP-PKK Lakukan Penyusunan Rencana Kerja Bunda Peduli Stunting TA 2022-2023.

Soalkakita, Palu – Sulawesi Tengah. Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP2KB) gelar Rapat Koordinasi bersama Tim Penggerak PKK dalam rangka Sosialisasi Stunting dan Penyusunan Rencana Kerja Bunda Peduli Stunting Tahun 2022/2023 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas P2KB. Bertempat di Aula P2KB. Rabu (12/10/2022).

Tujuan dari kegiatan ini yaitu tersusunnya program dan rencana kegiatan Bunda Peduli Stunting, terbentuknya Tim Bunda Peduli Stunting di tingkat Kabupaten/Kota, tersosialisasinya program percepatan penurunan stunting pada anggota TP-PKK Provinsi Sulawesi Tengah. Hal ini merupakan upaya membangun komitmen bersama dan dukungan nyata TP-PKK untuk mendukung Bunda Peduli Stunting dalam percepatan penurunan stunting di Provinsi Sulawesi Tengah. Dalam rapat ini diikuti oleh tim penggerak PKK Provinsi Sulteng sebanyak 25 orang dan staf Dinas P2KB sebanyak 10 orang.

Dalam laporannya Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencan (P2KB) Tuty Zarfiana, SH., MH, mengatakan bahwa dalam kegiatan ini peran Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) baik ditingkat nasional, provinsi, dan tingkat kelurahan/desa penting untuk menunjang program pelayanan gizi dan kesehatan dalam rangka percepatan penurunan stunting.

TP-PKK merupakan garda terdepan mitra pemerintah daerah yang bersinergi dalam berbagai bidang dan wadah penggerak serta fasilitator (mediator) pelayanan bagi keluarga. Dengan dilaksanakannya rakor Bunda Peduli Stunting diharapkan agar tersosialisasikannya program kerja percepatan penurunan stunting antara Dinas P2KB dan TP-PKK.

Terdapat program-program yang harus dilaksanakan oleh pokja Tim Penggerak PKK yaitu pokja I berkaitan dengan pola asuh anak mulai dari dalam kandungan hingga remaja, Pokja II berkaitan dengan parenting, Pokja III berkaitan dengan ketahanan pangan, dan Pokja IV berkitan dengan peran terhadap kegiatan dan lingkungan.

Adapun rencana program dan kegiatan Bunda Peduli Stunting Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2022/2023 yaitu:

  1. Pokja I, mengusung program sebagai berikut:
    • Pemberdayaan karakter keluarga dengan kegiatan Penyuluhan kepada pasangan usia subur (PUS) dan ibu hamil menuju kenyamanan ibu hamil, Pertemuan pembinaan forum remaja dan majelis (islam, nasrani, hindu, budha) tentang makanan sehat untuk keluarga.
  2. Pokja II, mengusung program sebagai berikut: • Pendidikan dan keterampilan pengembangan kehidupan berkoperasi dengan kegiatan Sosialisasi pengembangan UP2K, pelatihan peningkatan pemanfaatan sumber daya local, refreshing kader bina keluarga balita dan remaja melalui pendewasaan usia perkawinan Kader BKB dan Remaja
  3. Pokja III, mengusung program sebagai berikut:
    • Peningkatan ketahanan pangan dan gizi dengan kegiatan kampanye gebyar makan ikan
    sosialisasi dan pelatihan pengolahan bahan dasar ikan
    • Pola konsumsi beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA) dengan kegiatan workshop dan pelatihan B2SA lomba masak B2SA dan isi piringku
    • Pemanfaatan pekarangan dengan kegiatan FGD pemanfaatan pekarangan
  4. Pokja IV, mengusung program sebagi berikut:
    • Peningkatan kapasitas kader posyandu tentang stunting dengan kegiatan pelatihan TK di Kab/Kota
    • Pengadaan buku saku remaja
    • Buku saku kader pendamping keluarga
    • Duta peduli stuntig dengan kegiatan pemilihan duta peduli stunting
    • Peningkatan kapasitas dengan kegiatan workshop peningkatan kapasitas PKK terkait stunting
    • Pembinaan dengan kegiatan pembinaan daerah lokus stunting
  5. Sekretariat PKK, mengusung program sebagai berikut:
    • Penguatan 10 program pokok PKK mendukung penurunan stunting dengan kegiatan sosialisasi 10 program PKK Penurunan stunting
    • Penyusunan buku saku profil inovasi PKK dengan program pengadaan buku saku
    • Monitoring dan evaluasi

Turut Hadir : Kepala Dinas P2KB, Staff Ahli TP-PKK, Pengurus TP-PKK Provinsi Sulteng, staf Dinas P2KB.

Sumber : Humas DKIPS Provinsi Sulteng

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!