memberitakan dan mengabarkan
Berita  

Diskes Parimo, Lakukan Aksi Donor Darah di Dua Puskesmas

SOALKAKITA, Parigi Moutong– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) Provinsi Sulawesi Tengah, melakukan aksi donor darah di dua puskesmas Wilaya Kecamatan Utara.

Kepada media ini, Rabu (21/04). Kepala Seksi Kesehatan Tradisional Kabupaten Parigi Moutong Widiawati, mengungkapkan, usai kegiatan di Hotel Tunas Harapan (THS) Parigi.

Tahun 2021 ini, pihaknya sudah dua kali melakukan aksi donor darah,  yang bertujuan untuk menjamin ketersediaan darah bagi Ibu hamil pasaca melahirkan.

Pasalnya, kata ia, pasokan darah yang ada di UTD itu sangat terbatas. Sehingga, tidak dapat mengatasi ibu hamil atau melahirkan. Akibatnya di rujuk karena megalami pendarahan.

“Selama ini kami sangat koalahan untuk ketersediaan pasokan darah, apa lagi di masa pandemi sekarang ini stok dara itu darah kurang,” ucapnya.

Lanjut ia, puskmeas yang telah di lakuakan aksi tersebut. Yakni, puskesmas Tada Kecamatan Tinombo Selatan dan Puskesmas Sienjo kecamatam Toribulu Kabupaten Parigi Moutong.

“Kalau di puskesmas Tada kami mendapatkan kurang lebih 50 kantong darah dari kegiatan aksi tersebut ,” jelasnya

Widiawati menuturkan, pasokan darah yang berhasi terkumpul dalam aksi donor darah itu semunya, di serahkan ke UTD sebagai persediaan, apabila ada pasian Ibu hamil atau melahirkan yang mengalami pendarahan.

Ia menambahkan, dengan adanya aksi donor darah yang dilakukan oleh dinkes bisa membantu pasien yang ada. Apalagi, pasien yang sering di rujuk itu berasal dari Wilaya Utara.

“Sebenarnya kami punya komunitas pendonor darah di Parigi, karena bertepatan denagan masa pandemi ini sangat sulit untuk mendapatkan pendonor,” pungkasnya

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!