memberitakan dan mengabarkan

Gelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan Anggaran Triwulan III, Kakankemenag Harap Optimalkan Penyerapan Anggaran

Soalkakita, Palu – Evaluasi percepatan dan optimalisasi penyerapan anggaran dan pelaksanaan program tahun 2022, Kementerian Agama Kota Palu menggelar rapat koordinasi evaluasi pelaksanaan anggaran dan capaian kinerja triwulan III.

Turut hadir Kepala Seksi dan penyelenggara Kemenag Kota Palu, Kepala madrasah, perencana dan pengelola keuangan, di Aula Kantor Kemenag Kota Palu, Jumat (7/10/2022).

Dalam rapat tersebut, Kakankemenag Kota Palu, H. Nasruddin L. Midu, meminta semua satker segera melakukan langkah-langkah strategis dan melaksanakan percepatan realisasi penyerapan anggaran sebelum akhir tahun, agar target capaian realisasi tahun 2022 dapat tercapai dan lebih baik dari sebelumnya.

Menurut Nasruddin, rapat evaluasi pelaksanaan anggaran ini penting dilakukan dalam rangka penyusunan Laporan Capaian Kinerja yang merupakan wujud dari pertanggung jawaban setiap satker.

Ia menyebut, Triwulan ke tiga sudah berakhir dan masuk pada triwulan empat, penyerapan anggaran triwulan berikutnya diharapkan bisa mencapai 98 %, maka dengan evaluasi ini, dapat diketahui kinerja di masing-masing bagian Kasi, Penyelenggara dan satker Madrasah,” ungkap Kakankemenag.

Dirinya mengingatkan melalui rapat evaluasi ini agar kita semua dapat mengetahui hambatan, kendala, kekurangan pagu minusnya di Triwulan ini, sehingga bisa memperbaikinya agar lebih baik lagi, dan capaiannya sesuai standar yang diharapkan.

“Kasi dan Penyelenggara pada Kantor Kemenag Kota Palu dan seluruh satker Madrasah agar segera melakukan perencanaan langkah-langkah strategis dan melaksanakan percepatan realisasi penyerapan anggaran, agar target capaian realisasi tahun 2022 triwulan IV dapat terealisasi dengan baik” tegas Nasruddin.

Selain itu, diharapkan kerjasama, koordinasi serta komitmen yang tinggi, perencanaan yang baik, penyerapan akan maksimal dan cepat. “Para pengelola anggaran, KPA Satker, para PPK, para bendahara, pengelola keuangan, bekerja sesuai perencanaan dan target, sehingga penyerapan anggaran dapat berjalan maksimal,” ujarnya.

“Langkah perencanaan penyerapan anggaran yang tepat, realisasi akan terukur dan tercapai, ini menjadi harapan dan keinginan kita bersama, jangan sampai kegiatan menumpuk di akhir tahun karena tidak diinput di aplikasi, sehingga tidak mencapai target,” tutur Nasruddin.

Ia juga mengungkapkan, kegiatan evaluasi ini, bertujuan untuk mengetahui secara jelas sampai sejauh mana penyerapan anggaran pada setiap seksi, penyelenggara, satker Madrasah dan sekaligus untuk mengetahui ketika serapan DIPA tidak sesuai target yang diharapkan, kita bisa mengantisipasi sedini mungkin apabila ada masalah yang dapat menghambat realisasi serapan anggaran.

Kakankemenag Kota Palu, mengaku bersyukur dan mengapresiasi kinerja para Pengelola Anggaran dengan mengajak mereka untuk senantiasa meningkatkan kedisiplinan dan fokus dalam hal pengelolaan anggaran. “Semoga untuk triwulan IV akhir tahun anggaran 2022 bisa mencapai target maksimal” pungkas Nasruddin.

Penulis Kasman

Sumber : Kemenag Sulteng

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!