memberitakan dan mengabarkan

Pemdes Siaga Salurkan BLTDes Tahap I Bagi 61 KK

Pemerintah Desa (Pemdes) Siaga Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong melakukan Penyaluran BLTDes Tahap I tahun 2021 Sumber Foto: Istimewa

Reporter: Moh Fadal

SOALKAKITA, Parigi Moutong– Pemerintah Desa (Pemdes) Siaga Kecamatan Tinombo Selatan Kabupaten Parigi Moutong Provinsi Sulawesi Tengah, fokus pada penyaluran Bantuan Langsung Tunai Desa (BLTdes) tahap I bagi 61 Kepala Keluarga (KK) Penerima.

Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Desa (BLTDes) ini, merupakan salah satu program Desa untuk  membatu masyarakat dalam menghadapi  situasi masa Pandemi Covid-19.

Hampir semua Desa yang ada, kini memprioritaskan anggaran Dana Desa yang bersumber dari ( APBN) ini. untuk kesejateraan masyarakatnya. Sehingga, bantuan tersebut di yakini dapat membatu kestabilan ekonomi keluarga.

Hal itu, diungkap Sekretaris Desa Siaga Dahlin Djamal kepada Soalkakita.com melalui via whatsApp Jum’at (19/03).

Ia mengatakan, salah satu program prioritas Desa Siaga tahun 2021 ini yaitu, pembagian Bantuan Langsung Tunai Desa (BLTDes).

“Tetapi bantuan yang sudah tersalurkan bagi KK penerima agak berbeda dengan tahun sebelumnya,”ujarnya.

Pasalnya, kata ia, pembagian BLTDes bagi Kepala Keluarga (KK) penerima itu. Di lakukan secarah bertahap selama lima bulan, untuk itu penyaluran tahap pertama di mulai pada Januari 2021.

“Insya Allah Minggu depan untuk bulan Februari itu sudah memasuki tahap selanjutnya,” terangnya.

Sehingga, kata ia, adapun jumlah yang sudah di terima oleh Kepala Keluarga. Itu sesuai dengan ketentuan yang berlaku, walaupun bantuan BLTDes belum memenuhi standar kebutuhan masyarakat penerima.

“Apalagi kebutuhan sehari-hari, minimal bisa membantu keringanan dalam kehidupan berumah tangga,” ungkapnya

Lanjut ia, penyaluran Bantuan Langsung Tunai Desa bagi 61 Kepala Keluraga (KK) di hadiri Pemdes Siga bersama pendamping kecamatan Tinombo Selatan, pendamping Desa maupun TNI Polri yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Dahlin bilang, selaku Pemerintah Desa (Pemdes) Siaga berterima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah membuat dan menetapkan peraturan bahwa BLTdes masi tetap belanjut sampai tahun 2021ini.

“Adanya bantuan BLT ini para penerima dapat menggunakannya sebaik mungkin dan sesuai kebutuhan,” tuturnya.

Ia menambahkan, sekarang ini situasi musim kemarau mulai berkepanjanga. Tentunya ada prsiapan untuk membantu dalam hal pengadaan sembako untuk keperluan sehari –hari,”pungkasnya

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!